3 Cara Cek Garansi Hp Samsung Android 2022

Garansi menjadi bagian penting dalam melakukan pembelian barang, ini biasanya di berikan oleh brand sebagai pertanggungjawaban atas kualitas produk. Kali ini kita akan bahas cara cek garansi Hp samsung.

Sebelumnya kita harus mengerti apa arti garansi agar kita bisa menindak lanjuti pelayanan dari sebuah produk.

Secara umum, Garansi adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen bertanggungjawab untuk memperbaiki cacat/malfungsi.

Masa garansi resmi untuk ponsel biasanya berlaku selama 12 bulan atau setahun sejak pertama pembelian.

Selama rentang waktu tersebut, segala kerusakan yang timbul yang bukan karena kesalahan pengguna dapat di ajukan untuk melakukan perbaikan, perawatan atau pergantian.

Untuk ponsel brand samsung ini, biasanya akan sangat mudah melakukan pengajuan garansi. Karena selain karena merupakan sebuah perusahaan smartphone yang populer, hampir di setiap kota khususnya indonesia juga terdapat service center resminya.

Untuk dapat melakukan proses garansi, anda perlu tau masa berlaku barang tersebut bisa di lakukan pengajuan perbaikan, perawatan maupun penukaran.

Di sini droidpedia.id telah merangkum bagaimana cara cek garansi Hp samsung yang ada di indonesia, sebagai berikut;

Tips Cara Cek Garansi Hp Samsung

imei cara cek garansi hp samsung

1. Cara Cek Garansi Dengan Kode IMEI

Ini merupakan cara cek Hp samsung anda yang simple dan tanpa ribet. Silahkan simak langkah – langkahnya ;

  1. Pertama, nyalakan hp anda
  2. silahkan cek nomor IMEI di smartphone Samsung anda.dengan memasukan kode *#06# kemudian lakukan dial.
  3. Setelah nomor IMEI terlihat maka selanjutnya dapat mengunjungi situs http://www.samsungwarrantycheck.com/ atau http://www.imei.info/ untuk mengetahui informasi lengkap dari smartphone.
  4. Selanjutnya, masuk ke web untuk masuk salah satu link diatas.
  5. Silahkan langsung anda masukkan nomor IMEI Hp samsung anda.
  6. Kemudian anda tunggu situs untuk menganalisis Informasi ponsel anda
  7. Kemudian setelah tampil proses analisis, perahtikan informasi lengkap smartphone, mulai dari spesifikasi hardware, jaringan, hingga waktu garansinya.

Dengan metode ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui apakah masih ada garansi dan sampai kapan berlakunya dari perangkat samsung yang anda punya.

Selain itu Imei juga dapat anda gunakan untuk mengecek keaslian garansi ponsel Anda, juga keadaan darurat ketika ponsel hilang atau dicuri.

Berbekal kode Imei tersebut juga, Anda dapat melaporkan kehilangan ke Contact Center atau Service Center untuk mengetahui riwayat perbaikan unit dengan Imei tersebut.

2. Cek Garansi Dengan Kode Rahasia Hp Android

kode cara cek garansi hp samsung

Cara yang kedua ini adalah cara yang sangat mudah. Tanpa perlu menggunakan browser dan aplikasi tambahan apapun. Anda hanya menggunakan telepon pada HP Samsung anda. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

  1. Kita awali dengan menhyalakan ponsel anda
  2. Kemudian anda masuk ke menu dial panggilan.
  3. Silahkan anda ketikkan kode *#12580*369#
  4. Selanjutnya panggil dari kode diatas untuk menampilkan menu tersembunyi dari HP Samsung anda.
  5. Kemudian, informasi hp anda akan terbuka.
  6. Silahkan perhatikan di bagian “RF Cal” ini adalah sebuah informasi tanggal ketika anda membeli HP Samsung.

Dari sini kita bisa memperkirakan habis masa garansi hp samsung anda. Habis masa garansi biasanya 1 – 2 tahun. Jika anda membeli tahun 2020, kemungkinan habisnya masa garansi adalah tahun 2021 atau 2022.

3. Cara Cek Garansi Di Dusbox Hp Samsung

dusbok cara cek garansi hp samsung
Pada box penjualan ponsel Hp samsung silahkan cek apakah tertera Imei, Serial Number, serta di produksi untuk negara mana.

Jika tertera di produksi untuk Indonesia, maka Hp samsung anda biasanya memiliki garansi SEIN resmi.

Kode Imei biasanya juga dicantumkan dalam nota pembelian, dus box, atau pun nota garansi. Ciri khasnya dari nomer imei adalah terdiri dari 14 sampai 16 digit angka.

Berikut adalah langkahnya;

  1. Pertama, aktifkan hp anda
  2. Kemudian perhatikan nomer imei yang ada di dusbox anda dengan ciri terdiri dari 14 sampai 16 digit angka.
  3. Selanjutnya masuk browser untuk mengunjungi situs http://www.samsungwarrantycheck.com/ atau http://www.imei.info/ untuk mengetahui informasi lengkap dari smartphone.
  4. Setelah anda masuk ke salah satu link yang ada di atas, silahkan langsung anda masukkan nomor IMEI Hp samsung anda yang dari dus box.
  5. Kemudian anda tunggu proses berjalan situs untuk menganalisis Informasi ponsel anda
  6. Setelah proses analisis selesei, layar akan menampilakan banyak informasi lengkap smartphone, mulai dari spesifikasi hardware, jaringan, hingga waktu garansinya.

Nah, bagaimana? Cukup mudah dan sederhana kan? Sekarang kita sudah bisa mengecek sendiri masa garansi HP Samsung kita. Walaupun kartu garansinya hilang, kita tidak bisa mengetahui tanggal berapa kita membelinya.

Kita juga bisa mengeceknya sendiri apakah HP Samsung kita masih bisa untuk dilakukan pengajuan garansi atau tidak.

Akhir Kata

Itulah bagaimana cara cek garansi HP Samsung dengan sederhana yang dapat anda coba dan bagikan keteman anda. Jika artikel ini membantu silahkan share ke yang lain sebagai support kami untuk melanjutkan mengumpulkan informasi bermanfaat lainnya.

Silahkan baca juga artikel ” Cara Chat WA Tanpa Save Nomor “. Terima kasih

Tinggalkan komentar