5 Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Semua Tipe 100% Akurat

Sebagai salah satu produk smartphone yang populer di pasaran, wajar jika banyak produk tiruan Xiaomi. Beredarnya produk palsu dengan menggunakan merk Xiaomi membuat banyak orang harus lebih waspada dan tahu cara cek keaslian hp Xiaomi.

Xiaomi menjadi pilihan terbanyak masyarakat Indonesia karena hp yang ditawarkan relatif terjangkau. Ditambah dengan spesifikasi yang sudah cukup canggih, hp Xiaomi bisa menjawab kebutuhan kaum milenial saat ini.

Jika hanya dilihat sekilas, jelas akan sulit sekali membedakan hp Xiaomi asli dengan tiruannya. Untuk mengecek keaslian hp Xiaomi diperlukan proses pengecekan yang teliti dan beberapa komponennya perlu diperhatikan dengan seksama.

Kesalahan dalam memeriksa keasliannya bisa membuat Anda mendapatkan smartphone Xiaomi yang palsu. Tentunya produk palsu bisa merugikan sebab kualitasnya lebih buruk disertai dengan ketahanannya yang tidak bisa awet.

Maka Anda sebaiknya tidak langsung tertipu dengan tampilan luar yang terlihat sangat mirip dengan hp Xiaomi asli. Anda juga sebaiknya tidak mudah tergiur apabila ada yang menawarkan hp Xiaomi dengan harga yang lebih murah dibanding harga umum di pasaran.

Cara cek keaslian hp Xiaomi harus Anda mulai dengan memperkaya informasi mengenai produk-produk dari vendor tersebut. Sehingga nantinya Anda bisa lebih peka apabila melihat indikasi palsu atau Anda bisa mengecek dengan cara ini.

Tutorial Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Cara Cek Keaslian Xiaomi

1. Cek Fisik

Melihat barang secara fisik bisa menjadi cara pengecekan hp Xiaomi yang pertama kali dilakukan. Umumnya pengecekan fisik dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan memeriksa bagian casing-nya.

Pada hp Xiaomi yang asli akan tertera informasi detail mengenai garansi, sertifikasi replacement dan kode keamanan. Perbedaan tersebut sangat jelas terlihat jika dibandingkan hp Xiaomi palsu yang bagian belakangnya terlihat blur.

Selain kode keamanan dan sertifikasi yang tidak akan ditemukan pada hp Xiaomi palsu, kartu garansinya juga tidak tersedia. Kalaupun ada, kartu garansinya terlihat murahan dan jauh berbeda dengan kartu garansi yang asli.

2. Cek secara Online

Setiap vendor smartphone selalu memiliki situs resmi yang bisa dimanfaatkan konsumen untuk mengetahui berbagai informasi yang akurat. Situs resmi itu juga berguna untuk memastikan keaslian produk.

Seperti halnya vendor lain, Xiaomi juga memiliki Mi Verification sebagai situs resminya. Dari situs tersebut, Anda bisa melakukan cara cek keaslian hp Xiaomi melalui browser di PC maupun browser di perangkat mobile.

Cara cek keaslian hp Xiaomi menggunakan Mi Verification juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses halaman www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei, kemudian masukan nomor IMEI ke kolom yang tersedia.

3. Cek dengan Factory Reset

Cara cek keaslian hp Xiaomi juga bisa dilakukan melalui factory reset. Cara pengecekan ini perlu dilakukan jika Anda menemukan produk hp Xiaomi yang harganya jauh lebih murah dari harga resmi yang diberlakukan.

Misalnya untuk hp Xiaomi tipe Mi A1 baru yang harganya di pasaran kisaran 2,9 juta ke atas. Kemudian Anda menemukan hp Xiaomi dengan tipe yang sama tapi harganya jauh di bawah standar, semisal hanya 1,5 juta.

Anda perlu curiga kalau hp tersebut mungkin sudah melalui proses rekondisi. Dengan kata lain, ada kemungkinan hanya tampilan luarnya saja yang menunjukkan fisik atau bodi Mi A1 tapi bagian dalamnya merupakan Xiaomi jenis lain yang spesifikasinya lebih rendah.

Bagian dalam hp yang tidak sesuai dengan fisik terluarnya juga bisa terjadi karena ada oknum yang memanipulasi angka di aplikasi benchmark. Karena itulah, Anda perlu teliti dalam memeriksa keaslian hp tersebut.

Cara cek keaslian hp Xiaomi dengan factory reset perlu dilakukan agar aplikasi yang terinstal saat hp dibeli bisa terhapus. Setelah melakukan reset ulang, instal aplikasi untuk melihat bagian dalam hp seperti Antutu, Sensor Box dan CPU-Z.

Dari aplikasi-aplikasi itu Anda akan menemukan informasi tertentu. Segera sesuaikan informasi tersebut dengan tipe yang tertulis di kotak penjualan dan apabila sesuai maka itu menandakan produk yang asli.

4. Cek Sistem Operasi

Kebanyakan hp Xioami yang beredar menggunakan MIUI. Khusus untuk barang yang asli, hp Xiaomi akan mendapatkan MIUM versi yang stabil. Cara cek keaslian hp Xiaomi bisa melalui sistem operasinya.

Kalau Anda memeriksa MIUI pada hp Xiaomi yang versi beta, kemungkinan itu adalah barang palsu yang menggunakan ROM MIUI abal-abal. Di sinilah ketelitian dan kejelian sangat diperlukan dan harus didukung oleh pengetahuan.

Anda bisa mengecek MIUI di internet untuk memastikan apakah sesuai dengan perangkan milih Anda atau tidak. Sudah jelas bahwa produk Xioami palsu tidak sesuai dengan MIUI yang digunakan pada versi aslinya.

5. Cek Baterai

Baterai yang dipakai di hp Xiaomi memiliki ciri khas dari segi warna dan desainnya. Hp Xiaomi yang asli memiliki baterai berwarna oranye. Jika Anda menemukan baterai berwarna lain, kemungkinan besar itu hp Xiaomi palsu.

Jangan lupa periksa juga kapasitas baterai dan sesuaikan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Apabila ternyata ada perbedaan antara kapasitas dengan spesifikasi, Anda patut curiga.

Memeriksa hp Xiaomi untuk memastikannya asli memang membutuhkan usaha ekstra. Anda harus memiliki informasi yang cukup untuk membuktikan cara cek keaslian hp Xiaomi di atas.

Nah demikianlah beragam cara cek keasilian hp Xiaomi yang bisa kalian coba. Apabila kurang yakin, kami sarankan untuk membeli hp Xiaomi garansi resmi yang dijual di Erafone ataupun toko handphone terpercaya lainnya.

Cukup sekian informasi droidpedia.id pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh” dan beragam artikel seputar smartphone Android lainnya.

Tinggalkan komentar