19 Cara Extract File RAR di Android Tanpa Aplikasi

Beginilah cara extract file Rar di Android. Sebelum kita masuk ke tutorialnya, mari kita ulas sedikit tentang file Rar tersebut. Rar adalah salah satu jenis file yang banyak digunakan pada PC. Rar dapat digunakan untuk menyimpan file besar di dalam arsip untuk mengambil sedikit ruang penyimpanan pada hard disk dan menjadikan transfer file lebih mudah. File rar mudah dikenal karena menggunakan ekstensi.

Meskipun file jenis RAR ini bisa di buka di PC, komputer dan laptop menggunakan software seperti WinRAR. Tetapi untuk sebagian orang yang belum paham betul dan masih bingung tentang cara mengekstrak file Rar pada Smartphone.

Beda halnya dengan Zip, RAR mengekstensi dengan kemampuan kompresi yang lebih baik. Karena bisa menghasilkan ukuran file kompres yang lebih kecil walaupun ukuran file aslinya hampir sama dengan Zip.

Tutorial Cara Extract File Rar di Android

ekstrak rar

1. Menggunakan Aplikasi RAR

RAR
RAR
Developer: Unknown
Price: Free

Cara extract file Rar di Android yang pertama dengan menggunakan aplikasi RAR. Aplikasi RAR adalah aplikasi program kompresi AIO (all in one) seperti pengarsipan, ekstraktor, alat pencadangan, dan bahkan mampu mengelola file dasar. Aplikasi RAR dapat membuat Rar dan Zip dan membongkar arsip Rar, Zip, Tar, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ.

Termasuk perintah perbaikan untuk file Rar dan Zip, fungsi benchmark yang kompatibel dengan benchmark WinRAR RARLAB, catatan pemulihan, enkripsi, arsip padat yang memanfaatkan beberapa inti CPU untuk mengompresi data.

Berikut adalah tutorial penggunaan aplikasi RAR :

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi RAR di  Google Play Store secara gratis.
  2. Kemudian setelah aplikasi RAR terinstal pada Smartphone kalian, lalu bukalah aplikasi tersebut.
  3. Beragam folder dan dokumen akan muncul pada halaman utama aplikasi RAR.
  4. Selanjutnya kalian bisa mencari file dengan ekstensi Rar yang akan di ekstrak
  5. Setelah kalian menentukan file berekstensi Rar yang akan di ekstrak, maka kalian dapat memilih menu logo Buku ditambah tanda panah ke atas yang berada di bagian atas aplikasi
  6. Kemudian kalian dapat memilih tempat penyimpanan file di halaman Extraction Options.
  7. Setelah file di siapkan dan tidak ada lagi file yang tertinggal, maka kalian bisa menekan tombol OK dan proses ekstraksi akan berlangsung.
  8. Dan  file hasil ektraksi akan muncul pada folder yang kalian tentukan.

2. Menggunakan Aplikasi ZArchiver

ekstrak zarchiver

Cara extract file Rar di Android yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi ZArchiver. Aplikasi ZArchiver adalah program manajemen untuk arsip. Aplikasi ini sangat fungsional dan sangat sederhana. Sayangnya aplikasi ZArchiver ini tidak memiliki izin untuk mengakses internet, jadi aplikasi ini tidak bisa mengirimkan informasi ke orang lain.

Aplikasi ini mampu membuat dan mendekompresi arsip multi bagian seperti 7z & Rar. Sayangnya untuk Rar hanya untuk dekompresi saja. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi ZArchiver :

  1. Pertama kalian harus mengunduh dan menginstal aplikasi ZArchiver di Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi ZArchiver terinstal, bukalah aplikasi tersebut.
  3. Kemudian kalian cari dan tentukan file Rar yang akan kalian ekstrak.
  4. Lalu tekan dan pilih “extract here” pada menu yang di tampilkan.
  5. Atau kalian bisa memilih folder penyimpan yang berbeda dengan file Rar tersebut dengan memilih menu “extract to./<Archive name>/”.
  6. Tunggu sampai proses ekstrak selesai dan kalian bisa melihat hasilnya pada folder yang kalian simpan tadi.
ZArchiver
ZArchiver
Developer: Unknown
Price: Free

3. Menggunakan File Manager

ekstrak file manager

Cara extract file Rar di Android yang ketiga atau terakhir adalah cara yang simple, mudah, dan cepat. Berbeda dengan dua cara di atas tadi, karena cara ini tidak menggunakan aplikasi. Hanya menggunakan fitur bawaan Smartphone, akan tetapi tidak semua Smartphone memiliki fitur tersebut.

Mungkin pada semua Smartphone memiliki File Manager, tetapi tidak dengan fiturnya. Fitur yang di maksud adalah fitur Ekstrak. Untuk beberapa Smartphone yang memiliki fitur tersebut bisa mengikuti langkah-langkah ini :

  1. Buka file manger pada Smartphone kalian masing-masing.
  2. Setelah masuk kemudian cari dan tentukan file Rar yang akan di ekstrak.
  3. Tekan dan tahan pada file tersebut, lalu akan muncul menu baru dan kalian bisa pilih ekstrak.
  4. Tunggu sampai proses ekstrak selesai dan kalian bisa melihat hasilnya pada folder tersebut.
  5. Dan selesai.

Berungtunglah bagi kalian yang memiliki Smartphone dengan fitur tersebut. Karena kalian tidak perlu repot untuk menggunakan aplikasi lain.

Penutup

RAR adalah archive file (file arsip) yang sama dengan Zip. Jadi kalian bisa mengarsipkan file, misalnya dengan WinRar. Selain itu file yang sudah sudah di kompres (diarsipkan) otomatis akan memiliki kapasitas yang lebih kecil.

Begitu banyaknya kegunaan dan fungsi Rar bagi kebutuhan masing personal, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Oke itulah tadi beberapa cara extract file Rar di Android.

Saya selalu mengingatkan kalian semua untuk share artikel ini dan baca juga artikel menarik lainnya seperti 7 Aplikasi Download Video Youtube Langsung Ke Galeri dan beragam artikel DroidPedia lainnya.

Tinggalkan komentar