Cara Mengembalikan Data HP Setelah Reset Pabrik Xiaomi

Reset menjadi cara tercepat ketika HP mengalami eror, namun lain halnya dengan factory reset, dimana cara tersebut dipergunakan agar smartphone dapat berjalan normal kembali setelah sebelumnya mengalami lemot, tapi bukan tanpa efek samping, karena cara tersebut biasanya membuat data yang ada hilang, namun tidak perlu khawatir, pasalnya kami memiliki cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik, khusus Xiaomi.

Pada dasarnya cara seperti ini bukan hanya berlaku pada satu brand saja, akan tetapi dapat diterapkan hampir disemua brand ponsel canggih yang ada pada saat ini, sebut saja Oppo, Samsung, Huawei, Vivo, dan masih ada banyak lainnya. Adapun cara intinya bisa dengan fitur yang sudah tersedia didalam HP itu sendiri, lalu melalui akun Xiaomi yang sebelumnya memang aktif pada HP, dan menggunakan piranti bantuan sebut saja PC/Laptop.

Cara Mengembalikan Data HP Setelah Reset Pabrik Xiaomi

Mungkin jika mendengar kalimat yang terakhir tadi, otak akan langsung merespon kata ribet, lain halnya dengan cara kembalikan data HP yang droidpedia.id sebutkan pertama tadi, karena sudah ada di gawai yang digunakan secara langsung, sehingga tidak perlu repot menginstal aplikasi lain didalam HP, yang tentunya harus melewati beberapa fase hingga sampainya data yang terhapus dapat kembali seperti semula di dalam ponsel yang digunakan.

Tutorial Cara Mengembalikan Data HP Setelah Reset Pabrik

Seperti yang sudah sempat kami singgung di awal tadi Reset Pabrik menjadi cara ampuh ketika ponsel yang anda gunakan terasa lambat atau lemot, akan tetapi ada konsekuensi yang harus diambil pastinya, yakni data didalamnya bakal hilang setelah itu, panik ? tidak perlu, pasalnya kami memiliki beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengembalikan data-data yang hilang sebelum melakukan reset pabrik, yang bisa langsung cek dibawah ini.

1. Melalui Xiaomi Account

Kembalikan Data HP Xiaomi Dengan Xiaomi Account

Salah satu pabrikan smartphone terbesar yang ada pada saat ini, yakin Xiaomi, juga memiliki Cloud, yang bila di aktifkan pada pengaturan awal saat menghidupkan ponsel dapat menyimpan berbagai file didalamnya secara otomatis, bila sudah demikian, untuk mengembalikan data yang terhapus tadi sangatlah mudah, yakni hanya butuh akses masuk kedalam akun Xiaomi yang sebelumnya sudah dibuat dan aktif di HP Xiaomi.

Caranya :

  • Masuk ke menu settings dan scrool bawah sampai Mi Account
  • Login akun Xiaomi dengan User ID dan Password yang telah dibuat sebelumnya
  • Lalu pilih menu Mi Cloud
  • Kemudian pilih opsi menu Restore Deleted Items
  • Setelah itu pilih data (Contact/Gallery/Messaging/Notes/Mi Drive)
  • Kemudian tinggal tap Restore This Backup yang berada di layar bagian bawah
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai

Jika sudah dan berhasil itu berarti data yang tadinya sudah terhapus, bakal kembali ke tempat semula. Cara satu ini memang mudah serta sangat simpel, akan tetapi dengan catatan, sebelumnya semua data sudah tersinkronasi terlebih dahulu dengan akun Xiaomi.

2. Lewat Akun Google

Cara Kembalikan Data Hp Xiaomi Lewat Akun Google

Tidak beda jauh dengan yang pertama tadi, hanya bedanya disini adalah Google Account, dan sama seperti tadi, sebelumnya semua data harus di backup terlebih dahulu ke dalam akun google, sehingga waktu data terhapus setelah Reset Pabrik Xiaomi, selanjutnya hanya perlu login kembali ke akun tersebut, dengan cara Masuk Menu Setting Pengaturan > Add Account > Login Akun yang sudah ada > Masukan Email + Password > Sikronasikan antara akun dengan HP, maka data yang hilang akan muncul kembali di HP.

3. Dengan PC/Laptop

Kembalikan Data HP Xiaomi Dengan PC atau Laptop

Nah, bila lupa membackup data atau menskronasikan saat awal sebelum akhirnya reset pabrik, cara lain yang bisa diandalkan yakni dengan bantuan PC / Laptop. Dimana nantinya anda perlu menginstal aplikasi pihak ke-3 untuk nantinya di instal ke perangkat tersebut.

Adapun aplikasi yang kami rekomendasikan dan dapat anda gunakan diantaranya Jihosoft Mobile Recovery, Android Recovery, dan Dr.Fone Android Recover. Soal caranya sendiri cukup anda hubungkan antara PC / Laptop dengan HP, tapi dengan catatan aktifkan terlebih dahulu USB Debugging, dan ikut petunjuk yang ada di aplikasi.

Kesimpulan

Mengingat rawannya data terhapus yang dapat terjadi kapan saja, baik itu ketika Reset Pabrik ataupun ketika kehilangan HP, yang memungkinkan data hilang dari perangkat, maka sangat penting rasanya jika mulai sekarang anda aktifkan fitur sinkronasi terhadap akun yang ada didalam smartphone, mau itu akun Xiaomi ataupun Google, atau bisa juga dengan rutin backup data kedalam dua akun itu tadi.

Dengan begitu, jika terjadi hal yang tidak di inginkan, nantinya anda dapat mengembalikan data dengan mudah kedalam ponsel, tanpa perlu ribet seperti Cara Mengembalikan Data HP Setelah Reset Pabrik Xiaomi urutan ke tiga. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, baca juga : Cara Cek Garansi Iphone Terupdate dan Cara Cek Saldo ATM BCA Lewat HP di DroidPedia.id.

Tinggalkan komentar