7 Cara Menonaktifkan Google Foto Agar Tidak Menguras Kuota

Cara menonaktifkan Google Foto banyak di cari oleh para pengguna Smartphone yang tidak ingin kuotanya berkurang. Akan tetapi untuk menghentikan proses pengunggahan tersebut tidak cukup hanya dengan menguninstalnya saja.

Karena Aplikasi Google Foto akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak bisa menghentikannya secara otomatis. Untuk mematikan fitur otomatis dari foto setelah melakukan proses penghapusan, kunjungi penyetelan Google Setting yang terdapat di General Setting Smartphone kalian.

Semua orang pasti suka berswafoto dan juga pasti suka mengabadikannya di Google Foto, layanan Google Foto sendiri sebenarnya tidak mengutip bayaran dan sangat mudah di gunakan. Aplikasi tersebut akan secara otomatis mengunggah foto, selain itu juga akan mempermudah seseorang dalam melakukan penyimpanan foto.

Semua foto yang kalian ambil dan yang tersimpan di Galeri Smartphone, tentunya akan secara otomatis tersimpan melalui Google Foto. Karena Aplikasi Google Foto berfungsi dalam backup foto ke Google Drive, sehingga foto kalian aman tersimpan.

Tutorial Dan Cara Menonaktifkan Google Foto

Itu semua di atas merupakan sisi positif dari Aplikasi Google Foto, namun selain itu pastinya juga ada sisi negatifnya juga. Karena salah satu hal yang paling berpengaruh yaitu berkurangnya kuota yang kalian miliki, sehingga tak sedikit orang yang memilih untuk menonaktifkan Aplikasi tersebut.

Untuk kalian para pengguna Smartphone yang tidak ingin kuota kalian berkurang karena Aplikasi Google Foto yang otomatis menyimpan foto. Berikut tutorial dan cara menonaktifkan Google Foto yang bisa kalian simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih menu Google

Pertama-tama kalian harus memilih menu Google yang yang berisi beberpa Aplikasi bawaan dari Google yang sudah otomatis ada di Smartphone. Selain Google Foto, ada juga Chrome, Gmail, Maps, Drive, Play musik, Google Play film, dan Duo.

2. Pilih menu Foto

Setelah kalian membuka menu Google, kemudian akan terbuka dan terdapat beberapa pilihan menu, kalian hanya tinggal pilih menu Foto. Biasanya menu tersebut terletak di sebelah pojok kanan bawah, dan mempunyai simbol kincir berwarna-warni.

3. Klik Kelola akun Google yang berada di pojok kanan atas

Sesudah kalian memilih menu Foto di dalam menu Google, kalian akan di tunjukan semua foto yang tersimpan dan kalian cukup fokus ke pojok kanan atas. Ada foto akun kalian untuk mengelola akun Google, kalian tinggal mengekliknya.

4. Pilih opsi Setelan Foto

Selanjutnya, setelah masuk ke kelola akun Google, kalian akan menemui akun Google kalian untuk kemudian mengelolanya. Di situ ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih, ada kosongkan penyimpanan, data anda di Google Foto, setelan foto dan bantuan & masukan, kalian tinggal pilih Setelan Foto.

5. Pilih opsi Pencadangan & sinkronisasi

Setelah kalian memilih dan mengeklik opsi Setelan Foto, selanjutnya kalian akan di hadapkan beberapa opsi lagi, kalian harus memilih Pencadangan & sinkronisasi. Selain itu di bawahnya ada opsi Notifikasi, Kelompokkan wajah mirip, Kenangan dan lain-lain.

6. Klik ON/OFF

Kemudian, sesudah kalian memilih opsi Pencadangan & sinkronisasi, kalian akan di bawa untuk memilih tombol ON atau OFF untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Google Foto. Untuk menonaktifkannya kalian tinggal memilih tombol OFF, sehingga secara otomatis Foto kalian tidak akan tersimpan lagi.

7. Selesai

setelah kalian melakukan semua langkah-langkah di atas, maka selesai sudah tutorial dan cara menonaktifkan Google Foto. Caranya sangat mudah bukan? kalian semua pasti dapat mengikuti dan mempraktekannya dengan tanpa kesulitan yang berarti.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kami singgung di atas, Aplikasi Google Foto ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga kembali lagi kalian tinggal memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Aplikasi Google Foto tersebut.

Kenapa Aplikasi tersebut harus di nonaktifkan? karena kuota kalian akan cepat terkuras habis itulah salah satu kekurangannya. Penyebabnya yaitu dalam sistem kerja Google Foto, setiap kalian mencadangkan foto ke Google Foto secara otomatis, maka kuota kalian akan cepat habis.

Nah, untuk kelebihannya meski boros kuota yaitu, biasanya foto yang sudah di cadangkan ke Google Drive tidak akan menghabiskan memori card di Smartphone kalian. Foto kalian juga akan aman karena memakai akun Google sendiri tentunya.

Kembali lagi semua itu tergantung pribadi masing-masing, apakah Aplikasi Google Foto tersebut akan di aktifkan atau di nonaktifkan. Mungkin sesekali bisa kalian aktifkan di saat kalian ingin mengambil foto-foto penting biar foto kalian aman tersimpan.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai tutorial dan cara menonaktifkan Google Foto yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi tersebut di atas dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi kalian para pengguna Hp Android yang suka berfoto khususnya.

Selain informasi di atas, kalian juga dapat menyimak beragam informasi menarik lainnya seputar dunia Android hanya di Droidpedia.id. Seperti informasi mengenai Aplikasi Browser anti blokir Android dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan komentar