5 Cara Screenshot Hp Infinix : Panjang, Gesture & Tanpa Tombol

Oke tanpa basa-basi, kali ini kita akan membahas tentang 5 Cara Screenshot pada Hp Infinix. Tapi sebelum membahasnya kita kenali lebih dekat tentang HP Infinix. Infinix adalah salah satu produk dari Perusahaan Hongkong, yang berdiri sejak tahun 2013 lalu.

Infinix sendiri mengincar pasar menengah kebawah dan pastinya di banderol dengan harga yang terjangkau.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai pengguna Smartphone tentu takan bisa lepas dari kata Sreenshot. Berbagai kebutuhan seperti penyimpanan, bukti pembayaran, pengingat atau bahkan foto-foto yang tidak bisa kita simpan secara otomatis.

Kita bisa mengatasinya dengan tangkapan layar atau biasa disebut Screenshot. Begitu pentingnya peran Screenshot pada kehidupan kita saat ini.

Jadi kita juga harus tau cara menggunakannya. Berikut kita akan memberi sedikit ulasan tentang cara Screenshot pada HP INFINIX pada semua tipe.

Tutorial Cara Screenshot Hp Infinix

asisten pintar

1. Menggunakan 3 Jari

Cara pertama yang akan kita pelajari itu menggunakan tiga jari. Tiga jari tersebut meliputi jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Jangan pakai jempol yaa heeee..

Oke pertama-tama kita buka Menu Pengaturan lalu scroll kebawah, lalu pilih Asisten Pintar.

Pada menu asisten pintar silahkan pilih Aksi dan sikap kemudian kamu geser toggle ke arah kanan atau aktifkan pada menu Mengambil tangkapan layar pada 3 jari.

Sekarang metode Screenshot dengan 3 jari telah aktif.

Lalu tekan close dan cari area atau gambar yang akan kita tangkap. Jika sudah menemukan area atau gambar yang diinginkan, kita bisa mengusap layar dari atas kebawah dengan ketiga jari yang rapat.

Setelah terdengar suara “ckrik” dan layar berkedip itu menandakan Screenshot telah berhasil. Lalu kita pergi ke Galery untuk memastikan gambar tersebut sudah kita dapatkan. Selamat mencoba..

  1. Buka Menu Pengaturan lalu scroll kebawah
  2. Pilih Asisten Pintar
  3. Masuk ke menu Aksi dan sikap
  4. Aktifkan atau geser toggle ke kanan pada menu Mengambil tangkapan layar pada 3 jari
  5. Kemudian usap layar bagian atas lalu tarik kebawah dengan 3 jari yang rapat
  6. Jika terdengar suara “ckrik” dan layar berkedip menandakan Screenshot telah berhasil
  7. Hasil Screensot bisa kalian lihat di Galery

2. Menggunakan Tombol Fisik

tombol fisik

Kemudian cara kedua kita gunakan tombol fisik yaitu power dan volume bawah yang ditekan secara bersamaan.

Hanya memerlukan waktu sekitar 3 detik dan kita akan mendapatkan tangkapan layar dan tidak perlu melakukan pengaturan apapun untuk melakukannya.

Tekan, tahan dan dapatkan. Sangat mudah bukan?

Tapi bagi sebagian orang metode Menggunakan Tombol Fisik ini sangatlah merepotkan. Karena harus menekan dua tombol yang sejajar secara bersamaan. Selamat mencoba..

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mencari area atau gambar yang akan kita tangkap
  2. Jika sudah menemukan area atau gambar yang kita inginkan lalu tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan sekitar 3 detik
  3. Setelah kita  menahan tombol selama 3 detik akan terdengar suara “ckrik” dan layar berkedip itu menandakan Screenshot telah berhasil
  4. Lalu kita bisa pergi ke Galery untuk memastikan gambar tersebut telah tersimpan

3. Menggunakan Quick Menu

Cara Screenshot Infinix

Cara yang ketiga juga termasuk cara yang mudah. Hanya dengan mengusap layar ke kiri atau ke kanan sampai muncul Quick Menu atau Smart Panel. Kemudian kita tinggal mencari logo Screenshot lalu menekannya.

Jika dalam menu Smart Panel kalian tidak tersedia ikon tangkapan layar, kalian bisa mengaktifkannya pada menu Smart Panel kemudian pilih Edit lalu kalian cari ikon tangkap layar dan mengaktifkannya.

  1. Pertama-tama yang kita lakukan adalah menentukan area atau gambar yang akan kita tangkap
  2. Setelah kita menentukan lalu usap layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya sampai Quick Menu atau Smart Panel muncul
  3. Kemudian cari ikon Screenshot dan tekan pada ikon tersebut
  4. Setelah menekan ikon Screenshot akan terdengar suara “ckrik” dan layar berkedip itu menandakan Screenshot telah berhasil
  5. Lalu hasil Screensot bisa kalian lihat di Galery

4. Screenshot Panjang

Cara Screenshot Panjang Hp Infinix

Terkadang seseorang membutuhkan tangkapan layar lebih dari satu layar atau bahkan lebih dari dua layar. Mungkin yang mereka Screenshot adalah artikel yang panjang.

Jadi mereka membutuhkan tangkapan layar yang panjang dan menjadi satu agar mudah dicari dan tidak terpisah menjadi beberapa bagian.

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa mereka bisa melakukan Screenshot lebih dari satu layar, dan tidak semua Smartphone bisa melakukannya tanpa dibantu dengan Aplikasi tertentu.

Berikut ini adalah cara Screenshot panjang pada HP Infinix :

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat Screenshot menggunakan tombol atau dengan 3 jari seperti biasanya. Cuma bedanya disini setelah Screenshot berhasil akan muncul menu tambahan yaitu Scrollshot.
  2. Setelah muncul hasil Screenshot akan muncul menu Scrollshot lalu kita tekan saja menu tersebut.
  3. Lalu gulir halaman atau gambar sampai ke bagian yang kalian inginkan.
  4. Jika sudah sampai ke bagian yang kita inginkan, tekan Akhiri Scrollshot kemudian tekan selesai.
  5. Kemudian kita cek hasil Screenshot di Galery

5. Menggunakan Aplikasi

Cara yang terakhir atau pamungkas adalah dengan cara Menggunakan Aplikasi. Beberapa orang juga menggunakan cara ini karena mereka berpikir ini adalah cara yang mudah untuk dilakukan, atau mungkin Smartphone mereka mengalami masalah pada Screeshot bawaan.

Mungkin juga ada kelebihan dari Aplikasi yang mereka gunakan untuk menangkap layar. Jadi mereka lebih memilih menggunakan Aplikasi dan melupakan fitur bawaan Smartphone mereka.

Berikut ada beberapa Aplikasi Screenshot yang saya rekomendasikan untuk kalian coba :

1. Screenshot Touch

Screenshot touch
Screenshot touch
Developer: Unknown
Price: Free

Aplikasi ini mengusung fitur dasar tangkap dengan sentuhan (ikon overlay, gemetar perangkat, dan area pemberitahuan).

Merekam video dari layar untuk mp4 dengan pilihan Resolusi,Frame rate, tingkat Bit, dan Audio.

Menggambar pada gambar yang diambil dengan Pen, Text, Rectangle, Circle,Stamp, Opacity dan sebagainya.

2. Screenshot Quick Free

Screenshot Quick
Screenshot Quick
Developer: Unknown
Price: Free

Screenshot Quick Free adalah Aplikasi tangkapan layar paling sederhana, terkecil dan tercepat.

Dengan ukurannya yang sangat kecil Aplikasi ini telah dioptimalkan untuk performa yang tinggi untuk mengambil tangkapan layar pada saat menonton video atau saat bermain game.

Aplikasi ini juga memiliki tempat penyimpanan sendiri. Jadi sangat mudah untuk menemukan hasil tangkapan layar pada Galery kalian.

3. Screent Master

Screen Master adalah alat penangkapan layar dan anotasi foto. Aplikasi ini tidak memerlukan root untuk menggunakannya, jadi kalian bisa langsung mendownloadnya saja.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fungsi anotasi seperti memotong, menambah teks, mosaik, menggambar panah, gambar rangka dan sebagainya.

Hasil tangkapan layar Screen Master juga mendukung format PNG.

Akhir Kata

Demikianlah 5 Cara Screenshot pada HP Infinix All Type sangat mudah bukan. Bahkan beberapa cara bisa diaplikasikan ke HP lain seperti SAMSUNG, XIOMI, REALME, OPPO, ADVAN dan VIVO.

Jangan lupa share dan baca artikel DroidPedia selanjutnya mengenai cara screenshot hp Realme secara mudah dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan komentar