8 Cara Klaim Garansi Samsung Yang Rusak Tanpa Ribet

Cara klaim garansi Samsung sebenarnya cukup mudah, namun kita juga harus memperhatikan beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Di antaranya yaitu harus memiliki buku garansi, nota pembelian dan kerusakan bukan di sebabkan oleh human eror.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Samsung merupakan salah satu brand Smartphone terbesar di dunia dan sangat terkenal. Tidak heran kalau Samsung selalu memberikan kepuasan kepada konsumennya pada setiap Smartphone yang di tawarkan.

Selain itu, Samsung juga sangat serius dalam menghadirkan Smartphone di setiap level, seperti pada level pemula, mid range dan juga flagship. Sementara di Indonesia sendiri, Smartphone ini sangat terkenal dan menjadi salah satu merk Hp yang paling banyak di gunakan.

Dari segala sisi, Hp Samsung memang terkenal dengan kualitas dan kuantitasnya yang sangat baik dan sangat mumpuni. Namun hal tersebut juga di imbangi dengan harga Hp Samsung yang terbilang cukup mahal untuk kalangan menengah kebawah.

Di balik performa yang mumpuni tersebut tetap saja akan ada salah satu Hp Samsung yang mengalami kerusakan atau masalah. Salah satu permasalahan yang sering terjadi yaitu pada hardware atau perangkat lunak di dalam Hp yang sulit di ketahui orang awam.

Tutorial Dan Cara Klaim Garansi Samsung

 

Cara Klaim Garansi Samsung

Buat kalian yang sedang mengalami kerusakan Hp Samsung pada masa garansi maka bisa langsung mengajukan klaim garansi tersebut. Untuk mengajukan klaim garansi tersebut ada beberapa prosedur yang memang wajib di penuhi sebagai persyaratan.

Namun pastikan terlebih dahulu buku garansi Hp Samsung yang kalian miliki sebelum kalian meminta klaim garansi tersebut. Biasanya buku garansi memang sudah di bawakan dari penjual ataupun sudah ada pada bagian dalam dus Hp Samsung.

Walaupun sudah memiliki buku garansi, tidak ada salahnya kalau kalian juga mengecek klaim garansi sebelum mengajukan klaim tersebut. Lihatlah terlebih dahulu struk pembelian atau kalian juga bisa melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut :

Cek Klaim Garansi Samsung

Cek IMEI Samsung

1. Cek nomor IMEI Hp Samsung yang kalian miliki

2. Setelah mengetahui nomor IMEI Hp Samsung, kalian langsung saja ke Website Samsung

3. Jika sudah, maka tunggu beberapa saat, nantinya web tersebut akan memberikan informasi mengenai Smartphone, hardware, jaringan, hingga waktu garansi

Demikian beberapa langkah atau tahapan yang perlu kalian ketahui untuk mengetahui garansi Hp Samsung yang kalian miliki. Sebelum kalian mengetahui cara klaim garansi Samsung, perlu kalian ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan klaim garansi Samsung.

Syarat Dan Ketentuan Klaim Garansi Samsung

  • Nomor Telepon
  • Alamat
  • PIN Perangkat
  • Masih dalam masa garansi
  • Tidak rusak karena terkena air
  • Korsleting atau efek tegangan tinggi listrik
  • Tidak ada kerusakan fisik karena tindakan pengguna
  • Tidak pernah di bongkar
  • Kode IMEI Hp atau Tablet
  • Nota/kwitansi tidak wajib tapi di sarankan, bisa di gantikan screenshot bukti transaksi misalkan belanja online.
  • Kartu garansi sangat di anjurkan di isi saat pertama beli dan di bawa kalau ada

Untuk cara klaim garansi Samsung sendiri dapat kalian simak langkah-langkah selemgkapnya di bawah ini :

Cara Klaim Garansi Samsung

Buku Garansi Samsung

1. Cek lokasi Samsung Service Center terlebih dahulu.

2. Datang ke lokasi dengan membawa perangkat yang bermasalah.

3. Sampaikan keluhan masalahnya apa.

4. Selanjutnya akan di periksa terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan klaim garansi apa belum.

5. Kemudian menandatangani kesepakatan bahwa siap kehilangan semua data yang ada di dalam Hp.

6. Apabila masih tertanggung masa garansi dan kendala bukan di sebabkan oleh kelalaian pengguna maka akan langsung di servis.

7. Tergantung jenis kerusakannya bisa di tunggu beberapa jam atau di ambil keesokan harinya.

8. Saat nanti pengambilan pemilik tidak di kenakan biaya alias gratis.

Cara Service Di Samsung Service Center Tanpa Garansi

service center

  • Datang ke Samsung Service Center di kota kalian
  • Sampaikan ada kerusakan apa
  • Kemudian akan di cek terlebih dahulu, lalu akan di kenakan biaya jasa Rp 50.000
  • Selanjutnya menandatangani kesepakatan bahwa siap kehilangan data yang ada di dalam Hp
  • Setelah pengecekan selesai, maka akan di berikan pilihan untuk servis dengan biaya jasa perbaikan dan penggantian komponen bila ada yang rusak
  • Mendatangani kesepakatan lagi bahwa pengguna siap menanggung biaya tersebut di atas
  • Kalau sudah sepakat maka akan di lanjutkan prosesnya, bisa di tunggu atau di tinggal tergantung jenis kerusakan dan ketersediaan sparepart
  • Terakhir, waktu pengambilan Hp yang bermasalah tersebut nantinya sekalian membayar tagihannya

Lama Masa Garansi Samsung

  • Handphone masa garansinya selama 12 bulan
  • Tablet masa garansinya selama 12 bulan
  • Baterai masa garansinya selama 12 bulan
  • Aksesoris masa garansinya selama 6 bulan

Kesimpulan

Panduan klaim garansi tersebut spesifik untuk produk perangkat mobilenya seperti Handphone, Tablet, Baterai dan Aksesoris lainnya. Sedangkan untuk produk elektronik rumah Samsung seperti Televisi, Kulkas, AC dan Mesin Cuci memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

Saat kalian datang ke Samsung Service Center dengan niat untuk mengklaim garansi, tergantung penyebab rusaknya di tanggung apa tidak maka bisa di kenakan biaya. Pihak Samsung sendiri tidak bertanggung jawab atas kehilangan data dalam proses perbaikannya.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai tutorial dan cara klaim garansi Samsung yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi tersebut di atas dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi kalian para pengguna setia Hp Samsung.

Selain informasi di atas, kalian juga dapat menyimak beragam informasi menarik lainnya seputar dunia Android hanya di Droidpedia.id. Seperti informasi mengenai cara menambah RAM di Hp Samsung.

Tinggalkan komentar